Friday, January 14, 2011

think differently: tanggalkan baju sotoy-mu

semalem, dunia social networking di antara almamater kom kembali gempar.. kali ini datang dari angkatan paling baru.. entah apa yang ada di pikiran mereka, dengan mudahnya mereka melupakan bagaimana cara social networking media itu bekerja (atau memang sengaja?). apa yang mereka tuliskan di sana bisa dibilang sangat menyinggung senior mereka (in my honest opinion). secara pribadi, kalo gw jadi senior mereka (walaupun secara tidak langsung, iya) pasti tersinggung..

kejadian itu dipicu dari kegiatan pra-sarasehan komunikasi yang mana udah jadi tradisi dari angkatan entah brapa.. OSPEK. begitu menurut mereka yang dengan mudahnya menilai sesuatu jelek tanpa melihat sisi sebelahnya.. (semua hal pasti lebih dari satu sisi, it's a common sense). memangnya, apa sih pra-sarasehan itu..? beberapa tahun yang lalu gw baca salah satu blog milik salah satu anak dari salah satu angkatan yang memandang nyinyir dengan kegiatan orientasi tersebut.. tapi satu kata dari gw buat anak itu: SOTOY!!

sotoy? yepp.. dia dengan intelejensinya mengatakan hal-hal yang dia lihat dari luar mengenai kegiatan ini.. tapi apakah kegiatan ini sarat akan keburukan seperti orang lihat..? jawaban dari gw: NEIN.. lo ngga ada di dalam situ jadi lo ngga berhak menjudge demikian..

tahun 2005, gw merasakan seperti apa kegiatan itu berlangsung.. gw emang bukan orang yang ngelah ngeluh ini itu sama kegiatan ini.. menurut gw, ini ngga ada apa-apanya dibanding Trip Observasi (klo anak Labs tau) yang gw alami waktu kelas 1 SMA.. Trip Observasi menggunakan fisik dan mental.. di mana harus push up nyelupin muka ke sawah, penjelajahan masuk kluar hutan.. tapi pra-sarasehan? kita bahkan ngga boleh nyentuh mahasiswa baru.. kontak fisik sangat minim adanya.. biasanya kontak fisik hanya buat teman seangkatan atau pada saat mobilisasi..

apa yang ada di pra-sarasehan itu nilai esensi nya jauh lebih besar dari kegiatan yang dilakukan di sana.. kita bikin yel, hanya dikasi 3 menit.. kita bikin iklan, hanya dikasi 10 menit.. kita ditunjuk secara acak buat berargumen.. pada saat lo berada di tengah itu, lo akan berpikir ini ngga ada gunannya.. ini cuma dikerjain.. dan generally, lo akan mulai berpikir: "dunia kerja ngga akan ky gini".. (seperti ada pandangan dari seseorang yang sepertinya memutuskan untuk tidak mengikuti kegiatan ini lebih lanjut) tapi maaf maaf ya dek or whoever you are.. pikiran lo terlalu dangkal untuk menganggap demikian.. lo blm ngerasain kerja, tau apa lo ngomong kerja ngga akan seberat ini..? pada saat kerja, lo akan membayangkan betapa pengennya kembali ke masa pra-sarasehan.. itu hampir pasti.. satu hal yang jadi garis bawah dari komentar anak angkatan paling baru itu, mereka komplain ngga bisa kerja jika berada dalam tekanan... gw ngga sabar saat lo masuk dunia kerja nanti.. ato minimal saat ngerjain MPK atau MPS + Statsos..

bagaimanapun, gw harus mengatakan, kegiatan pra-sarasehan itu kegiatan yang sangat penting, sarat akan pembelajaran bahkan yang ngga lo dapet di kuliah.. sangat disayangkan jika kegiatan seperti ini dihilangkan.. banyak banget fungsinya.. tanpa pra-sarasehan, gw ngga akan kenal siapa senior gw.. gw ngga akan tau rasanya harus mikir sesuatu dan menghasilkan sesuatu pada saat tekanan itu sangat besar.. gw ngga akan hafal satu angkatan gw.. dan pastinya, ngga akan ada cerita di hari nanti..

banyak-banyak inisiatif kenalin seniornya.. mereka punya segudang informasi dan pengalaman yang bisa dishare.. biar kalian anak anak baru ngga SOTOY ngadepin dunia kuliahan.. keSOTOYan cukup sampe SMA aja.. lo ud bukan anak-anak yang harus nongkrong di 7-11.. lo udah harus memikirkan gimana lo cari kerja ato gimana lo mau melanjutkan lagi kuliah lo..

camkan.

nandra
kom2005

No comments: