Monday, November 10, 2008

berpetualang di jakarta raya #1

boleh, mau cari apa?

boleh handphonenya..

boleh dvd nya..

awgh crap, suara itu bener-bener sahut-sahutan mengiringi gw jalan di RatuPlaza siang ini. misi petualangan kali ini adalah mencari voice recorder. sebuah barang yang amat penting untuk seorang jurnalis tapi gw ngga punya (gw kuliah di jurnalistik media siar, hoo) gw memutuskan untuk tidak mengikuti kuliah perempuan politik siang ini hanya untuk berburu alat kecil itu. tugas dari kuliah news radio mengharuskan gw untuk menginterview siapapun yang berkaitan dengan berita, dan topik gw adalah turunnya harga BBM.

anyway, gw ngga akan bahas tugas gw di sini. tapi ada satu yang menarik menurut gw dalam misi petualangan kali ini. ini adalah kali pertama gw menginjakkan kaki di Ratu Plaza!! yeah!! sesuatu yang sebenarnya bisa gw banggakan. berdasarkan pengalaman yang masih nol mengenai Ratu Plaza, gw dengan sok ngerti nya naik ke atas, ke lantai 3 tanpa menanyakan apapun mengenai arah. sesampainya di lantai 3, gw merasa berada di dunia yang semuanya adalah penjual komputer, ya walaupun tidak separah glodok/dusit, ini versi rapihnya dengan pengunjung yang rapih juga.

setelah menghabiskan stengah jam memutari toko yang ada, ternyata hanya ada 2 toko yang menjual voice recorder. bukannya senang, malah sedih yang gw rasain. gimana ngga? budget 350ribu di dompet harus menghadapi kenyataan harga barang yang gw cari sebesar 1,2 juta. pupus udah harapan gw berburu di Ratu Plaza. sebelom meninggalkan gedung, gw iseng menjamah tiap sudut bangunan demi pengalaman dikemudian hari. ternyata, Ratu Plaza juga menjual DVD bajakan.. yeahh!!

kali ini gw ngga punya niat buat beli DVD, cuma pengen tau aja apa yang terbaru. di sela-sela kegiatan gw membalik-balik cover DVD, ada yang menyita pengelihatan gw.. bukan DVD nya, tapi tiga orang di sebelah gw. ya, mereka bukan pengunjung biasa, wanita umur kira-kira 30-40 an. sepertinya seorang ibu dan anaknya. bukankah itu biasa? tidak! mereka bisa dibilang biasa kalau mereka orang Indonesia, tapi yang disebelah gw adalah Bule..!!

mungkin buat beberapa orang yang berdomisili di daerah selatan Jakarta sudah biasa dengan pemandangan ini, tapi.. buat gw yang domisilinya di daerah pusat mepet timur Jakarta, pemandangan ini sedikit jarang. bukannya berusaha nguping pembicaraan mereka, cuma semua juga bisa denger apa yang mereka bicarakan, salah satu dari mereka sepertinya sedikit amazed dengan DVD berkualitas gambar tidak jauh dengan original tapi bisa dibeli hanya 1 dollar bahkan dia menyebutkan hitungan cent tp ngga jelas nominalnya, yang satu lagi sepertinya sudah lama tinggal di Jakarta dan sudah biasa mengkonsumsi DVD bajakan ini, dia menanyakan penjualnya dengan bahasa Indonesia yang bagus untuk ukuran orang asing "yaank eenee soo'duh bagoose?" gitu lah kira-kira. 

akhirnya gw mengabadikan kejadian ini, tentu diluar sepengetahuan mereka. tadinya mau gw post di sini, tapi gw berpikir ulang karena takut dipermasalahkan kalau saja mereka melihat blog ini. haha


No comments: