Wednesday, March 17, 2010

languagasm..


"Dag, Ik ben Nandra"
"Wat is Je naam..?"


"Domo, Nandra desu"
"Anata namae wa..?"

buat yang ngga tau, itu adalah perkenalan sangat sederhana dari 2 bahasa yang gw pelajarin, yaitu bahasa Belanda dan bahasa Jepang. kalo gw inget-inget, sampe hari ini, gw udah belajar bahasa Jepang dari kelas 2SMP. dimulai dari kesukaan gw dengan game Winning Eleven. gw sangat kesal ngga bisa baca nama pemain yang gw mainin, dan cuma nebak-nebak (yaa karena jaman dulu graiknya kan ngga sebagus sekarang yg bikin muka pemain mirip). akhirnya, gw masuk ke edit-mode, mulai mencatat karakter-karakter alphabet Jepang dimulai dari yang paling mudah, katakana. as times goes by, gw mulai beli buku panduan untuk bahasa Jepang dan akhirnya pas kelas 3SMA, gw mulai daftar di Gakushudo Japanese Course. cuma bertahan 1 smester, karena pas smester berikutnya gw harus ikut BTA. setelah itu, ge berusaha belajar bahasa Jepang sendiri dari banyak sumber di internet sm buku-buku. ohiya, as information, waktu 2SMP, internet masih jadi barang yang "baru" buat Indonesia, fasilitas warnet masih jadi pioneer pada masa itu. jadi ngga mungkin gw liat-liat internet buat cari tahu lebih lanjut ttg bahasa itu dulu. tahun 2007, gw akhirnya memutuskan buat daftar lagi les Jepang tapi di tempat berbeda dari beberapa taun lalu, sekarang di Jakarta Communication Club Japanese Cource. kali ini gw coba tes keberuntungan dengan auto-placement (placement test) dari mereka.. voila, gw dihadepin dengan native Japanese.. intinya, gw duduk di depan dia, dan dia mulai menginterogasi gw dengan menggunakan bahasa Jepang.. tanpa ada sedikit pun bahasa Indonesia yang gw tau sebenernya dia bisa juga.. with a little help from body language dan beberapa tahun belajar sendiri, gw berhasil lompat 3 tingkat.. semua level pemula gw lompatin dan masuk ke dasar 2. tapi sayangnya lagi-lagi gw kena virus males. well ngga sepenuhnya males sih, i did finished that level, tp ngga bisa dilanjutin karena gw harus berurusan sm kuliah (baca: TKA).

now.. sampe sekarang, detik ini, gw terdaftar sebagai salah satu murid di Erasmus Taal Centrum van Erasmushuis Ambassador of Nederland. keren kan namanya? hahaha.. Erasmus aja kependekannya. Februari kemaren gw daftar dan mulai les di sini. ngga berhenti-berhenti pertanyaan "kenapa ambil les Belanda?" masuk ke kuping gw.. untuk saat ini gw cuma bilang "InsyaAllah tahun depan gw bisa ke Blanda, klo ngga yaa buat daftar di kedutaan Belanda atau perusahaan berbasis Belanda." jawaban yang bijak bukan..? tujuan gw memang tahun depan mencari kesempatan ngelanjutin pendidikan gw ke sana.. tapi it's another hope and dream to be catch, just wish me luck.

tapi kalo gw bahas lebih dasar lagi.. why? kenapa bahasa Jepang dan Belanda..? some of my friends didn't believe one my answer "because i loved their national football team." whaaat..? yeahh gw sangat mencintai kedua tim nasional itu.. Indonesia juga, tp untuk pilihan luar negri, gw akan bilang Belanda dan Jepang. Dream Football-nya Jepang dan Total Voetbal-nya Belanda sangat menginspirasi gw. selain itu, ada satu jawaban lagi yang bikin temen gw ngga punya pertanyaan ato respon jawaban lain buat nambahin pertanyaan awal.. jawaban itu adalah "Indonesia ngga akan ada apa-apanya tanpa dua negara itu. mereka udah bisa mempelajari kebudayaan kita, kenapa gw ngga juga mempelajari kebudayaan mereka..?"

well itu cuma jawaban dari gw yang senang memikirkan sesuatu, dan membayangkan sesuatu. mimpi gw adalah pergi untuk ke sana, coba tinggal di sana. semoga semua mimpi gw dimudahkan jalannya oleh Allah SWT. until then, gw akan selalu mengusahakan, dan ngga berhrnti belajar untuk menggapainya.. merealisasikannya.. until then mijn vriend, until then otomodachi san, gw akan selalu berusaha!

2 comments:

rinaldi said...

AMIN!!! btw dut kalo mao kuliah di belanda kan pengantarnya bahasa inggris, nah masalahnya sekarang di ielts *mendadak curhat* hehehehe

nandra's note said...

tapi kan buat tinggal di sana orang blanda males pake bahasa inggris nal.. jd basic tetep essensial.. hehe