Tuesday, March 30, 2010

renungan malam..

waktu di jam laptop nunjukkin baru beberapa menut masuk ke tanggal baru, hari baru.. sekarang hari selasa, tanggal 30 maret.. which is 2 hari terakhir di bulan ke tiga tahun 2010.. lot of things happened dalam kehidupan gw.. walaupun gw blm juga dapet sebuah kerjaan tetap, tapi i did learn many things.. mengenai kerjaan, mengenai hidup, mengenai mengerti orang selain gw, dan mengerti semua kesalahan yang kerap gw lakukan.

mengenai kerjaan.. menjadi freelance (if i could say it that way) di Persija sebagai media officer membuat gw banyak sekali belajar mengenai hal-hal baru.. salah satunya, jika ingin mendapatkan sesuatu yang menyenangkan, jangan terlalu berharap menempuhnya dengan jalan yang langgeng-langgeng aja.. fair-fairan, demi mendapatkan bayaran, sebuah kerja keras harus dilalui.. di dunia ini ngga ada yang instan.. semua butuh proses.. cliche enough for you? well you have to admit it, this is the true form of being ikhlas.. i have my own quotes for this and i gonna write it with a big font..

here it goes..

DALAM MENJALANI KEHIDUPAN, TIDAK AKAN ADA HAL YANG INSTAN.. SEMUA BUTUH PROSES YANG HARUS DITEMPUH.. POPMIE AJA BUTUH 3 MENIT BARU JADI..

product placement..? yeahh well, thanks to indofood yang menciptakan popmie, gw bisa belajar menghadapi hidup ini.. selain itu, masih banyak lagi yang gw tuai di kerjaan itu, teliti.. teliti.. check-recheck-recheck.. semua yang tak terduga itu datangnya pasti tak terduga.. ya iyalah namanya aja udah tak terduga.. untuk memastikan sesuatu berlangsung dengan lancar, kita musti rajin-rajin ngecek.. semua biar apa yang tidak kita harapkan tidak akan terjadi..

mengenai hidup.. well.. yang namanya belajar, dalam hidup ini tuh ngga akan pernah berhenti.. dari mulai lahir sampe pada akhirnya mati.. yaa klo ud mati sih ya wassalam.. tapi kehidupan sebelumnya itu, sedetikpun kita ngga pernah ngga belajar.. belajar bukan cuma akar pangkat satu kali lima.. tapi hal-hal domestik juga.. kita sebenernya ngga sadar belajar mengenai self defence.. maksudnya, ketika dateng seekor laba-laba.. (wait, do they had a tail..?) okay ganti binatang, ketika datang seekor kecoa or choro or cockroach, ato apalah namanya terbang ke arah muke loo saat lo dengan cerobohnya masuk ke dalem saluran pembuangan a.k.a got.. (tunggu-tunggu.. kok gw jadi bingung..) okay gini.. ganti.. misalkan, lo liat ada kucing.. stres tuh kucing pengen aja ngejar lo.. akhirnya lo tendang tuh kucing stres.. keahlian kelihaian kucing dalam ngeles kan nomer satu tuh.. tapi pada saat bersamaan, lo liat ada celah nih.. si kucing matanya meleng liat pembantu tetangga mandi (???!!) salah.. liat tetangga buang muke ikan sisa majikannya makan.. pada saat itu lo sepak tuh kucing di bagian badannya.. mental dah tuh.. lo selamat.. pada akhirnya setelah lo melakukan itu, lo akan bilang ke petugas administrasi lo.. "heeii joni, catet coba.. gimana caranya gw tadi berhasil 'etettereket' si kucing (buat yg ga tau, 'etettereket' itu pencet: setengah keblakang tendang klo pake Ryu ato Ken di street fighter.. well mereka ngga bilang gtu cuma gw aja yg nyebutnya jurus etettereket).." nahh di sini lah lo belajar kan.. lo tambahin pengalaman baru gimana cara nendang si pengeles nomer 2 setelah bajaj..

ribet yak penjelasan gw? ya intinya, dalam dunia ini, lo ngga akan pernah sekalipun berhenti belajar.. even lo bilang, "ahh gw cape blajar mulu ahh.. di sekolah di kampus di kantor kita pergi (loh kok malah lagu si ging-des).. gw mau udahan belajar.." ah that's bullshit.. (yakk gw bullshitin diri gw sendiri krn gw pernah ngmg gtu.. hehe.. sorry myself).. dan demi melanjutkan perjalanan hidup kita, BE LA JAR itu adalah syarat esensialnya..

capek ngetiknya bradeeer.. tapi lanjot..

tapi lanjut apaan ya..? mm sebenernya, beberapa waktu ini, beberapa saat belakangan termasuk kemaren, dua berita duka sampe di gw.. eh ini serius ya ketikannya, ngga becanda becanda lagi ky di atas, dan gw harap para readers bacanya juga setel lagu yang sedih ato piano-piano gtu.. jangan lagu ceria ato gedumbrangan dulu.. pertama, beberapa hari lalu, tepatnya hari rabu minggu lalu, seseorang yang dicintai amat sangat oleh orang lain, melebihi cinta terhadap teman, harus mendahului kita.. ia harus pamit dengan kehidupan alam nyata di bumi ini, di dunia ini.. Ayah dari salah satu teman seperjuangan gw di kampus, Boris Anggoro, harus berpulang kepada sang pencipta.. tidak ada kata terucap lagi dari bibirnya.. tidak ada lagi nasehat untuk Boris (walaupun gw ngga tau apakah beliau banyak memberikan nasehat..) tapi gw yakin seorang Ayah tidak akan lupa memberikan nasehat untuk anaknya yang kelak akan menjadi sepertinya.. untuk Ayah dari Boris.. bersamaan dengan posting ini, gw ucapkan sekali lagi, rasa turut berdukacita rasa belasungkawa untuk lo dan seluruh keluarga.. semoga Ayah lo diberikan ketenangan yang abadi.. Boris, be strong my brother..

ngga lama setelah itu, senin, atau tepatnya kemarin sebelom postingan ini.. satu lagi kabar duka sampe ke gw.. kali ini datang dari keluarga seorang senior, seorang teman, Hanif Akbar. dia juga harus merelakan, mengikhlaskan kepergian Ayahnya.. untuk pertama kalinya gw menginjakkan kaki di rumahnya, tidak ada sambutan dari Ayahnya atau keluarganya. yang ada hanya keluarga dan kerabat yang duduk mendoakan kepergian salah satu orang yang mereka kenal, yang mereka cintai.. beruntung gw masih bisa melihat senyum di muka Hanif.. gw bisa ngerasa dia telah mengikhlaskannya.. mengikhlaskan keputusan yang dibuat oleh sang penciptanya. gw harap di hatinya, dia juga bisa mengikhlaskan kepergian orang yang dicintainya. semoga Ayah lo diberikan ketenangan yang abadi.. Hanif, be strong my friend..

sedikit pesen dari gw.. buat semua readers yang menyempatkan waktunya baca postingan yang panjang ini.. katakanlah.. katakanlah perasaan lo tiap kali lo ada dengan seseorang yang lo cintai.. katakanlah seperti tidak akan datang matahari esok.. biarkan orang yang lo cintai tau, apa yang lo pikirkan tentang dia.. jangan pernah biarkan mereka menebak-nebak, apa yang ada di pikiran lo.. jangan bosen untuk mengatakan itu.. jika tidak, kala semua telah usai, jam sudah tak berdetik lagi, lo hanya akan mengharap orang yang lo cintai itu mendengar apa yang lo ucapkan, apa yang lo maksud.. klo ada Papa di rumah, katakan betapa kau berterimakasih atas semua yang telah ia lakukan buat lo.. klo ada Mama, katakan betapa lo sayang kepadanya melebihi semua sayang lo dengan manusia.. dan kepada semua orang yang lo sayangi, katakan betapa lo sayang kepadanya.. pastikan rasa sayang itu memang ada.. jangan pernah bohongi mereka..

2 comments:

Sarah Merci said...

Jadi intinya, dari penjelasan yang udah ganti-ganti binatang dari laba-laba ke kecoa terus ke kucing ini, kita ga akan pernah bisa dan boleh berhenti belajar, termasuk berhenti belajar untuk tidak gengsi dan jujur sama orang-orang yang kita sayang dan bilang kalau mereka bener2 berarti buat kita, ya kan ka Nandra?

Thank you for reminding, I've just learned something from your post :)

Main-main ke blog aku juga dong, Kak :) http://sarah-merci.blogspot.com/

nandra's note said...

iya saraah.. kurang lebih itulah inti dari metamorfosa.. eh metafora.. eh apaya? Metafor kok bener.. iya metafor gw.. seneng bs membatu mengingatkan apalagi ada hal yg bisa dipetik dari postingan gw.. Iyaa nanti gw main-main ke blog lo yaa.. Terimakasih sekali lagi komentar nya dan udah nyempetin main ke sini..