Tuesday, August 17, 2010

stand points!

malem ini gw diminta nyokap gw buat beli keperluan dia bikin puding.. which is susu kental manis di salah satu convenience store deket rumah gw.. seperti biasa, convenience store adalah tempat tongkrongan baru buat anak-anak yang demen nongkrong.. dari geng motor, anak anak dressed up seperti pemusik, ato komputer geek yang numpang wifi.. tapi kali ini bukan itu yang gw liat.. malem ini ngga ada geng motor, komputer geek ato lainnya.. yang ada cuma anak-anak berkaos dan jeans, beberapa dari mereka memakai anting plug dan mereka kebanyakan cowo.. ada beberapa cewe, 2-3 gw ngga inget.. yang pasti ada..

sebenernya emang bukan hobi gw buat ngejelekin orang apalagi ngejelekin stylenya.. seriously gw ngga akan bilang ChangcutRangers tuh jelek.. they're nice.. ato ModernDarlings tuh norak.. seriously, they're fine.. at least for me.. tapi dari segerombolan anak muda yang gw liat tadi, ada beberapa yang agak bikin mata gw gabisa nolak ngeliatnya.. it's about their attitude.. jalan pikiran mereka.. apakah mereka terlalu muda untuk berpikir ke depan..? first of all, yang jadi akar pengelihatan gw adalah seorang cowo yang berpenampilan layaknya anak jaman sekarang.. dia lagi meragakan sebuah kejadian berdasarkan ingatannya dia, yang jelas dia meragakan dengan sempurna dan berhasil membuat teman-temannya membuat choir tertawa lepas.. seraya gw jalan, suara mereka bener-bener energik sekali.. lalu untuk masuk convenience storenya, gw harus melewati satu dari mereka, seorang cewe kalo gw boleh nebak umurnya 19-21an.. anak kuliah.. dan ngga sengaja gw nendang belanjaannya dia yang memang kalo diliat dari daerah yurisdiksinya, plastic bag nya melanggar daerah bebas jalan.. spontan gw minta maaf, dan untungnya si cewe ini dengan ramah bilang gapapa.. tapi ntah kenapa cowo di sebelahnya dia langsung nembak gw pake tatapan ekstra sinis (walopun ngga pake adegan liat-liatan a la sinetron..).

apa point gw..? kembali ke gaya penampilan.. gw ngga bilang penampilan mereka jelek, in fact mereka cukup rapih untuk sekedar hang out di convenience store.. tapi untuk cewe nya.. mmm.. i must admit, i take some notes for them.. once again, gw ngga bilang itu jelek, tapi gw cuma sedikit prihatin sama mereka.. why oh why.. kenapa mereka harus pake ekstra short pants.. well, 1-2 taun lalu, celana pendek itu booming.. sampe keluar becandaan dari temen gw (sebut saja A) "paha KFC lebih mahal daripada paha ABG Jakarta. gimana ngga, paha KFC buat dinikmatin bayar 5000-1000 rupiah, paha ABG gratis buat dinikmatin.." awalnya walopun sebagai cowo gw ngerasa offended sama pernyataan kaya gini, pernyataan yang bisa gw anggep pelecehan visual, karena beberapa temen gw juga sering pake celana sependek itu ke mall-mall.. akhirnya gw ngomong sama orang yang mengutarakan hal itu ke gw.. dan dia bilang, "gw ngomong bener kan sebagai cowo.. gw ngga muna, tapi ini fakta.. siapa sih yang ngga suka liat paha cewe..? lo gaperlu megang tu paha buat nikmatin kan..? untung yang ngomong gw, gimana kalo orang-orang sex-freak, fetishism yang liat.. bisa-bisa ngga visual lagi, dipegang beneran gw rasa.." dan sejak saat itu gw mulai mikir, oh iya, he's right.. he has all the point.. emang sih, mungkin cewe-cewe punya alasannya sendiri untuk memutuskan memakai celana sependek itu.. dan emang ngga bisa disalahin.. gw akhirnya ngomong ke salah satu temen gw (sebut saja N dan G) yang seringkali gw liat pake gaya seperti itu, gw tanya, emang ngga risih.. inti dari jawaban mereka adalah, mereka menyalahkan pihak cowo yang matanya ngga bisa dijaga.. well.. gw bener-bener ngga bisa memutuskan who's wrong and who's right sebenernya.. karena berdasarkan fakta, cowo emang gampang tergoda sama kaya gituan.. dan itu sangat lumrah dan masuk ke dalam kategori susah untuk digeser.. memang ada cowo yang memilih untuk tidak menikmati hal itu.. gw secara pribadi berusaha menanamkan agar tidak menikmati hal seperti itu..? kenapa..? karena, dalam kehidupan ini dikenal namanya efek stand point.. di mana kita harus mencoba menaruh diri kita pada lawan kita.. rela kah saudara, teman, atau bahkan pasangan kita diperlakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan..? karena pada saat kita melakukan sesuatu misalkan menikmati pemandangan *maaf* paha cewe lain, kita ngga tau apakah saudara, teman, atau pasangan si cewe ini senang dengan itu.. prinsip ini banyak banget gw berlakukan dalam hidup gw.. ini juga mengarah pada hal yang vice versa.. ato bahkan karma..

dari dasar itu lah gw sangat prihatin dengan gaya si cewe gw liat tadi.. apa ngga kedinginan ya dia pake celana sependek itu.. karena yang gw rasakan malem ini lumayan dingin.. oiya, ada satu hal lagi yang membuat gw sedikit prihatin.. terutama pada si cewe ini (masih cewe yang sama).. gw ngga ngerti kenapa di tangan kiri dia menyematkan satu batang rokok di sela jarinya dan tangan kanan menggenggam satu kaleng budweiser..? apakah kehidupannya have fun, smoke and alcohol..? (gw harap sampe situ aja).. tapi, sorry se-sorry sorry-nya, ini bulan Ramadhan.. which is lebih baik menambah pahala dari pada seperti itu.. okay mungkin ada twist agama di sini, gw ngga yakin apa agama yang dianut si cewe ini karena mata gw mata manusia biasa, ga bisa automatically detect data diri tiap orang (walopun gw mau seperti itu - biar ngga lupa nama kalo pas ketemu orang), tapi untuk si cowo yang hebat dalam mengekspresikan ceritanya, gw yakin dia sama ky gw.. karena part of the story menjelaskan dia lagi sholat..

well, anyway mungkin itu yang jadi point gw dari cerita kunjungan gw ke convenience store malem ini.. mereka tau ini bulan Ramadhan pastinya, dan mereka secara sadar memilih untuk hangout with alcohol.. nice young man with an alcohol and cigar.. gw ngga bs bayangin masa nantinya.. kasian banget kalo sampe harus sakit.. bikin orang-orang di sekitarnya khawatir.. gw pernah bahas ini di postingan gw ntah kapan.. saat itu gw sarkas sekali memang, tapi kali ini gw coba lebih pake kepala dingin ngadepinnya.. gw memang bukan orang suci yang ada tanda di jidat (rajin sujud) tapi gw tau apa yang menurut gw dan menurut kebanyakan orang seharusnya dilakukan dan disesuaikan.. dan gw ngga menutup pandangan dari pihak objek lawan gw.. karena akan lebih baik jika gw dapet stand point dari "sebelah sana", dan maaf saja, gw ngga bisa untuk nyoba masuk kehidupan seperti anak muda jaman sekarang..

selebihnya gw minta maaf kalo tulisan gw dapat menyinggung perasaan terlebihnya yang jadi "opposite" gw.. gw terima hal-hal berbau kritik, akan sangat membantu gw.. tapi inget, gw ngga bermaksud menjatuhkan pihak manapun.

No comments: